Wednesday, August 14, 2019

Resep aneka gorengan

Sempol adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji yang berasal dari daerah Pasuruan. dan bisa di jual dimana-mana.simak selengkapnya.

1. Sempol







Sempol adalah sejenis gorengan yang terbuat dari tepung tapioka. Nama sempol sdiambil dari tempat jajanan ini berasal yaitu desa  sempol  di wilayah Kecamatan Pagak. Sempol banyak dijumpai di daerah jawa timur dan jawa tengah. Jajanan ini memiliki rasa kenyal karena berbahan dasar tepung tapioka (aci), berbentuk lonjong dan ditusuk dengan lidi. Biasanya sempol dimakan dengan saus merah yang pedas dan kecap atau bisa ditambahkan sambal kacang.Bahan baku sempolan adalah adonan yang terbuat dari tepung tapioka dan bumbu halus. Bumbu halus terdiri dari: bawang putih, daging ayam atau ikan yang sudah dihaluskan, garam dan penyedap rasa. Adonan ini kemudian dililitkan pada tusuk sate hingga bentuknya lonjong, direbus hingga matang, lalu digoreng. Sebelum digoreng, sempolan dicelupkan ke dalam kocokan telur terlebih dahulu agar teksturnya garing dan renyah. Sempolan ikan adalah sempolan yang berbahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan ikan bandeng yang sudah dihaluskan. Sempolan ayam adalah sempolan yang berbahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan ayam yang sudah dihaluskan.

2.Cimol



Cimol biasanya dijual di pinggir jalan. Cara membuatnya, adonan tepung kanji dibuat bulat-bulat, kemudian digoreng. Biasanya, cimol dimakan dengan bumbu-bumbu tambahan (istilahnya semacam seasoning). Kalau digigit, rasanya memang agak kenyal-kenyal. Paling enak jika dimakan hangat-hangat.Bahan:
  1. Tepung beras 9 sdm
  2. Tepung kanji 900 g
  3. Baking soda 2 1/2 sdt
  4. Tepung terigu 6 sdt
  5. Garam 2 sdt
  6. Merica 1/2 sdt
  7. Air 700 ml
Cara membuat:
  1. Siapkan wadah yang bersih untuk menguleni semua bahan nantinya.
  2. Ayak tepung beras, tepung kanji, dan tepung terigu.
  3. Campurkan tepung beras, tepung kanji, tepung terigu, garam, dan merica. Campur hingga merata.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit sembari terus mengaduk.
  5. Jika dirasa kekenyalan sudah cukup, masukkan baking soda. Campur hingga merata.
  6. Bentuk adonan menjadi bulatan, atau bisa Anda kreasikan sesuai dengan imajinasi Anda.
  7. Nyalakan kompor lalu panaskan minyak dalam wajan penggorengan.
  8. Masukkan cimol yang sudah dibentuk ke dalam wajan penggorengan.
  9. Goreng hingga adonan mengembang dan matang.

3. Cireng
Image result for cireng

Cireng adalah makanan ringan yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ringan ini sangat populer di daerah priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.
Seiring dengan perkembangan zaman, cireng telah terinovasi hingga variasi rasa yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Bahkan inovasi tidak hanya secara rasa namun bentuk, contohnya adalah cimol. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di priangan saja, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru nusantara. Cireng yang dulu pada umumnya dijual oleh pedagang yang menaiki sepeda dengan peralatan membuat Cireng di bagian belakang sepedanya, bahkan telah tersedia online cireng.

No comments:

Post a Comment

Ongseng menjes

Bahan-bahan 1 papan  menjes 10 biji  petai, iris tipis 4 siung  bawang putih, cincang 5 siung  bawang merah...