Monday, August 5, 2019

Jajanan yang Kenyal Dan Manis

Di Indonesia sungguh banyak sekali aneka macam kue tradisional. Disini saya akan menjelaskan tentang kue yang kenyal dan lengket tetapi manis dan enak buat dimakan sehingga akan membuat anda ketagihan akan rasa yang disuguhkan.


 1.  Kue Lupis

                                                                                                                                                                     Makanan kue lupis ini tergolong tradisional bagi masyarakat Pasuruan. Namun, jangan dibayangkan rasa juga tradisional alias jadul. Tekstur yang kenyal seperti cenil dan klepon akan Kamu dapatkan pertama kali mengigitnya. Sajian ini biasanya beriringan dengan lepet. Dalam masakan ini memiliki kandungan banyak air berbeda dengan masakan tradisional Pasuruan lainnnya. Menariknya makanan tradisional berbahan dasar tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Tepung besar dan gula merah dipadukan dan dibentuk kerujut. Selesai dimasak ditaburi parutan kepala muda. Parutan kelapa inilah yang menambah rasa gurih dari lupis. Kuliner ini memiliki kemiripan dengan kuliner khas kecamatan madura yang membuat anda mau lagi-lagi dan lagi.

2. Kue Cenil




Kuliner kue cenil Pasuruan adalah terbilang begitu tradisional. Tentu masyarakat sekitar sudah sangat familear.dan Bahan dasar dari kuliner ini tepung tapioka dan campuran ketela pohon. Ketela pohon pilihan di parut hingga halus kemudian setelah itu dicampur dengan tepung tapioka. Setalah semua tercampur di kukus hingga masak. Yang menarik dari kuliner ini adalah warna yang beragam. Selain itu, rasa yang disajikan juga mirip dengan klepon tetapi lebih khas cenil Pasuruan. Tidak saja itu, dalam penyajian di taburi dengan kelapa muda yang diparut dan gula merah. Gula inilah yang membuat rasa manis, tentu akan membuat harimu semakin manis. Rasa cenil khas Pasuruan ini dengan membuat anda tamba ingin lagi.

3.kue ireng-ireng





kue ireng-ireng adalah makanan khas dari pasuruan yang memiliki makanan untuk acara pernikahan,syunatan,selapa dll, dan enak klau dimakan dengan parutan kelapanya.






                                                                      

No comments:

Post a Comment

Ongseng menjes

Bahan-bahan 1 papan  menjes 10 biji  petai, iris tipis 4 siung  bawang putih, cincang 5 siung  bawang merah...