Monday, August 5, 2019

Kuliner pasuruan

Masing-masing daerah di Indonesia sendiri memiliki kekayaan kuliner yang berbeda-beda antara satu daerah dengan lainnya. Perbedaan di sini tak hanya soal jenis kuliner tetapi juga rasa dan aromanya. Buat kalian yang akan berkunjung ke Jawa Timur saya akan merekomendasikan makanan- makanan yang ada di Jawa Timur.
1. Bakso urat daging




Bakso merupakan makanan yang di minati oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri hampir di seluruh penjuru makanan khas daerah memiliki berbagai macam-macam makanan khas . Dan uniknya adalah makanan yang berbahan daging giling ini di setiap kota seluruh Indonesia racikannya berbeda beda.


Menurut saya, bakso urat adalah makanan terbuat dari daging, udang, ikan yg dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat. Bakso urat atau adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Umumnya masyarakat memangilnya bakso urat.


   
 2. Kupang



        
 Kupang adalah sejenis kerang yang dimasak dengan campuran bumbu bawang putih, untuk menghidangkan biasanya dicampur dengan petis kupang, jeruk nipis, lontong dan irisan lento, bila suka bisa ditambahkan cabe rawit, lebih mak nyus dimakan dengan Sate Kerang.


3. Rawon 





Rawon adalah makanan khas Pasuruan yang terbuat dari daging dan berkuah hitam dengan bumbu campuran bawang putih, bawang merah, tumbar, jinten, daun jeruk purut, sere laos, kunir dan tidak ketinggalan kluwek yang membuat warna kuah menjadi hitam.
Nasi Rawon sangat nikmat dihidangkan dalam keadaan hangat dengan lauk Sate Komo dan tidak ketinggalan taoge pendek, sambal dan kerupuk udang



4.Botok Tempe





Botok Tempe merupakan salah satu masakan daerah rumahan kita yang banyak dijumpai di Kota Pasuruan. Paduan tempe dengan kelapa parut serta bumbu-bumbu yang kemudian dikukus dalam bungkus daun pisang, memiliki aroma dan rasanya yang enak.


No comments:

Post a Comment

Ongseng menjes

Bahan-bahan 1 papan  menjes 10 biji  petai, iris tipis 4 siung  bawang putih, cincang 5 siung  bawang merah...