Thursday, August 8, 2019

Oleh - Oleh Khas Pasuruan

Menjamur oleh-oleh kekinian, tak membuat oleh-oleh khas daerah yang sudah lama tergerus. Salah satunya di Pasuruan. Salah satu wilayah di Pantura ini terkenal dengan oleh-olehnya yang melegenda karena sudah bertahan dan teruji selama puluhan tahun. Cita rasanya yang khas karena terbuat dari bahan tradisional serta harganya yang terjangkau membuat enam oleh-oleh khas Pasuruan ini bertahan. Apa saja?

1. Roti Matahari


Image result for roti matahari
      
Roti yang punya cita rasa yang khas dan masih terjaga keaslian resepnya hingga sekarang. Roti matahari diproduksi hanya di Pasuruan untuk menjaga kualitasnya. Campuran krim dan rotinya yang lembut membuat roti ini gak ada tandingannya deh! Tersedia roti sisir, roti ronde, dan roti kasur yang bisa kamu beli mulai dari Rp20 ribuan

  
  
2. Jamu Kebonagung

Image result for jamu kebonagung

 Jika jamu idenik dengan rasa pahit, maka berbeda dengan jamu kebonagung khas Pasuruan ini. Campuran bunga pala, lada, kayu manis, kapulaga, cengkeh, cabe jamu, sereh dan gula jawa membuat rasanya lebih nikmat jika disajikan dengan es. Sebotol jamu kebonagung biasnaya dipasarkan dengan harga mulai dari Rp20 ribuan.

3. Permen Jahe

Related image
  
Biasanya di Pasuruan disebut dengan Ting Ting Jahe. Saat awal pembuatannya, kuliner satu ini dibungkus dengan kemasan kertas. Sekarang sudah menggunakan plastik dan lebih praktis. Selain enak, oleh-oleh ini juga menyehatkan karena terbuat dari bahan dasar jahe.
   

4. Ikan Lempuk

          Image result for ikan lempuk
Sebut saja ikan lempuk. Bagi warga Pasuruan asli, mungkin ikan lempuk ini terlihat biasa saja. Tapi ternyata, ikan kecil berukuran 3-4 sentimeter ini hanya bisa berkembang di 2 Negara, yakni Indonesia dan Jepang. Bahkan, di Indonesia pun, ikan mungil bergizi tinggi ini hanya bisa berkembang biak di Ranu Grati, Pasuruan.


No comments:

Post a Comment

Ongseng menjes

Bahan-bahan 1 papan  menjes 10 biji  petai, iris tipis 4 siung  bawang putih, cincang 5 siung  bawang merah...