Tuesday, August 6, 2019

Jajanan Pasar yang Dibungkus Daun Pisang

Di Indonesia tidak hanya membuat kuliner asal Indonesia beraneka ragam. Tetapi juga menghasilkan kudapan tradisional juga beraneka rasa dan bentuk.
Rasa yang enak dan gurih dengan memakai bahan alami dan pengelohan ala industri rumahan, membuat aneka jajanan pasar ini tetap memiliki penggemar setia. Berikut jenis kue pasar yang yang dibungkus daun pisang.

1. Jajanan lemet singkong

      Kue Lemet

Kue Lemet singkong tradisional  adalah memang terkenal dengan bahan-bahannya yang murah dan mudah didapat. Seperti kue lemet singkong ini yang hanya menggunakan singkong, kelapa dan gula pada pembuatannya. Selain mudah, rasa dari lemet singkong ini tak perlu diragukan lagi karena teksturnya yang kenyal dengan perpaduan rasa manis dari gula merah. Bentuknya bulat panjang seperti lontong yang dibungkus dengan daun pisang namun tanpa sematan lidi, dan siap untuk disajikan bersama keluarga.
         

2. Nagasari

            

Kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan dan gula ini memang selalu menggugah selera. Ciri khas kue nagasari ini adalah isinya yang berupa pisang. Anda bisa menggunakan pisang raja atau pisang tanduk. Biasanya nagasari dibungkus dengan daun pisang. Rasanya manis dan gurih.

3. Bugis

  
       
Kue bugis merupakan salah satu kue tradisional yang terbuat dari beras ketan dan dimasak dengan cara dikukus.
Kue ini biasanya diberi isian berupa parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula merah. Adonan untuk isian kue ini harus dimasak terlebih dahulu hingga matang, sehingga lebih tahan lama dan ketika dikukus rasa manisnya tidak berubah jadi keasaman.

 4. Lemper 

      

Lemper merupakan salah satu makanan khas asli dari Indonesia yang sudah tersebar di hampir seluruh daerah. Lemper umumnya terbuat dari ketan putih kukus yang di dalamnya berisi aneka jenis daging, ataupun abon kemudian di bungkus menggunakan daun pisang lalu di kukus kembali. Menggunakan daun pisang sebagai bungkus lemper akan menambah cita rasa dari lemper.

No comments:

Post a Comment

Ongseng menjes

Bahan-bahan 1 papan  menjes 10 biji  petai, iris tipis 4 siung  bawang putih, cincang 5 siung  bawang merah...