Tuesday, September 10, 2019

Sejarah Ikan Asap

Sejarah Ikan Asap

Sejarah Pengasapan Ikan

Ikan asap sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Konon terjadinya tanpa disengaja. Ketika itu umumnya orang mengawetkan daging dan ikan dengan cara dikeringkan dibawah terik matahari. Namun pada musim hujan dan musim dingin orang mengeringkan dengan bantuan api dibawah tungku dapur, sehingga pengaruh asap pun tidak dapat dihindarkan.

Ada pula versi lain yaitu pada zaman batu orang mempersiapkan makanannya termasuk ikan masih dengan cara sangat sederhana yaitu dibakar atau dipanggang diatas api sebelum disantap. Tentu saja pengaruh asap juga tidak dapat dihindarkan.
Akibat pengolahan tersebut makananpun bercita rasa asap dan warnanya kecokelatan. Aroma asap itu ternyata disukai orang dan tekstur ikan yang diasap menjadi lebih bagus serta ikan menjadi lebih awet. Sejak itulah pengasapan mulai berkembang dan teknis pengasapannya pun tidak banyak berubah.



Hampir diseluruh Indonesia, mulai mengenal proses pengasapan, cuman tiap-tiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. nah, disini kita akan membahas dasar-dasar pengasapan ikan.

ikan asap

Pada dasarnya, proses pengasapan ikan merupakan gabungan aktivitas: penggaraman, pengeringan, pemanasan dan pengasapan.

1. Penggaraman
Dalam pengawetan ikan yang dilakukan melalui sistim pengasapan penggunakan garam juga sangat dibutuhkan. 
  - Konsentrasi garam dan lamanya proses penggaraman tergantung pada selera        konsumen dan jenis, ukuran dan tingkat kesegaran ikan.
  - Penggunaan garam melalui tahap ini sangat dilakukan karena dapat memberikan keuntungan yaitu: Daging ikan menjadi lebih kompak,  Pertumbuhan bakteri pembusuk dapat terhambat dan Rasa daging ikan jadi lebih enak.

No comments:

Post a Comment

Ongseng menjes

Bahan-bahan 1 papan  menjes 10 biji  petai, iris tipis 4 siung  bawang putih, cincang 5 siung  bawang merah...