Monday, September 9, 2019

Kripik

 Keripik usus salah satu camilan yang terbuat dari bahan usus ayam. Saat mengolah keripik usus ini direbus, lalu direndam dengan kapur sirih. Membuat keripik usus ini gak tercium bau ususnya lho. Apalagi, dicampur dengan berbagai macam bumbu masakan membuat keripik usus ini terasa lebih enak.
Kripik Ayam Usus
Image result for kripik usus

Bahan-Bahan
250 gram usus ayam
1 sdt garam
1 sdt kapur sirih
1 sdt air perasan jeruk nipis

Bumbu Halus
3 siung bawang putih
1 ruas kunyit
1 butir kemiri
1/4 sdt ketumbar
Bahan Tepung Krispi
15 sdm tepung terigu
3 sdm tepung maizena
daun jeruk secukupnya

Cara Membuat
1. Cuci bersih usus di air mengalir sampai benar bersih dan kesat lalu potong-potong.
2. Siapkan baskom, larutkan kapur sirih, garam, air jeruk nipis, usus dengan air sampai usus terendam.  Diamkan selama 30 menit. Lalu cuci sampai bersih, tiriskan.
3. Lumuri dengan bumbu halus sambil diremas-remas, diamkan 30 menit.

Kripik Jamur Tiram


Keripik jamur merupakan keripik berbahan dasar jamur. Jamur yang biasa di gunakan adalah jamur tiram, jamur kuping dan jamur kancing. Proses Pembuatan Proses pembuatan keripik jamur setidaknya ada dua metode yakni goreng basah dan goreng kering.

Image result for keripik jamur

Bahan
1.000 g jamur tiram
300 g tepung beras
100 g tepung kanji
Minyak untuk menggoreng

Bumbu
10 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
1 sdt kaldu bubuk
2 sdt garam
 

Cara masak:
  1. Buang tangkai jamur, lalu suwir-suwir kasar bagian ‘payung’nya. Taruh/ratakan di atas tampah/nampan atau wadah datar yang lebar.
  2. Bumbu: Haluskan bawang putih, aduk bersama merica, kaldu bubuk, dan garam. Lumurkan bumbu halus pada jamur, aduk rata, sisihkan.
  1. Campur tepung beras dan tepung kanji hingga rata, taburkan ke atas jamur, aduk-aduk hingga tepung melekat pada jamur, sisihkan ± 15 menit.
  2. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan. Tepiskan kelebihan tepung yang menempel pada jamur, masukkan secara bertahap ke dalam minyak panas. Goreng sambil aduk hingga jamur setengah kering, angkat, tiriskan, sisihkan hingga dingin betul.
  3. Saring minyak dari endapan tepung di dasar wajan, panaskan kembali minyak di atas api kecil – sedang. Goreng jamur setengah matang secara bertahap, aduk-aduk hingga jamur berwarna kecokelatan dan renyah, angkat, tiriskan, dinginkan.

No comments:

Post a Comment

Ongseng menjes

Bahan-bahan 1 papan  menjes 10 biji  petai, iris tipis 4 siung  bawang putih, cincang 5 siung  bawang merah...